08 Juli 2009

Pengenalan Internet untuk Pemula

Artikel ini ditujukan untuk adik-adik yang belum tahu tentang apa itu internet. Dan untuk master2 yang sudah tahu mohon dilewat saja..

Oke.. langsung saja ya..

Internet adalah jaringan komputer yang terdiri dari ribuan jaringan di seluruh dunia. Tidak ada seorangpun yang tahu persis berapa banyak komputer yang terhubung ke Internet. Itu pasti jumlahnya dalam jutaan.

Tak ada yang berkuasa di Internet. Ada organisasi yang mengembangkan aspek-aspek teknis dari jaringan ini dan menetapkan standar-standar untuk membuat aplikasi di atasnya, namun tidak ada dalam tubuh pemerintahan kontrol. Internet backbone melalui Internet yang arus lalu lintas, dimiliki oleh perusahaan swasta.

Semua komputer di Internet berkomunikasi dengan satu sama lain dengan menggunakan Transmission Control Protocol / Internet Protocol suite, disingkat ke TCP / IP. Komputer di Internet menggunakan klien / server arsitektur. Hal ini berarti bahwa server remote mesin menyediakan file dan layanan kepada pengguna komputer klien lokal. Perangkat lunak dapat diinstal pada komputer klien untuk mengambil keuntungan dari akses teknologi terbaru.

Internet pengguna memiliki akses ke berbagai layanan: surat elektronik, transfer file, luas sumber informasi, minat anggota grup, kolaborasi interaktif, menampilkan multimedia, broadcast real-time, peluang belanja, berita, dan banyak lagi.

Internet terutama terdiri dari berbagai protokol akses. Kebanyakan dari fitur ini protokol program yang memungkinkan pengguna untuk mencari dan mengambil bahan yang disediakan oleh protokol.

KOMPONEN DARI INTERNET

WORLD WIDE WEB
World Wide Web (disingkat sebagai Web atau WWW) adalah sebuah sistem dari server internet yang mendukung hypertext untuk mengakses beberapa protokol Internet pada satu antarmuka. Hampir setiap jenis protokol yang tersedia di Internet dapat diakses di Web. Selain itu, World Wide Web memiliki protokol: hypertext Transfer Protocol atau HTTP. Protokol ini akan dijelaskan nanti dalam dokumen ini.

World Wide Web menyediakan sebuah interface untuk mengakses semua protokol ini. Hal ini membuat nyaman dan ramah lingkungan. Tidak ada lagi yang diperlukan untuk menjadi mahir di dalam protokol terpisah, perintah-tingkat lingkungan. Web mengumpulkan bersama-sama protokol ini ke dalam satu sistem. Karena fitur ini, dan karena Web kemampuan untuk bekerja dengan multimedia dan bahasa pemrograman lanjutan, Web yang tercepat-berkembang komponen dari Internet.

Pengoperasian Web terutama bergantung pada hypertext sebagai sarana informasi. Hypertext adalah dokumen yang mengandung kata-kata yang terhubung ke dokumen lainnya. Kata-kata ini disebut link dan dipilih oleh pengguna. Satu dokumen hypertext dapat mengandung link ke berbagai dokumen. Dalam konteks web, kata atau grafis Mei berfungsi sebagai link ke dokumen lainnya, gambar, video, dan suara. Link mungkin atau tidak mengikuti jalan yang logis, karena setiap koneksi diprogram oleh pembuat sumber dokumen. Secara keseluruhan, Web berisi kompleks virtual web dari koneksi yang luas di antara jumlah dokumen, gambar, video, dan suara.

Memproduksi hypertext untuk Web dicapai adalah dengan membuat dokumen dengan bahasa disebut hypertext markup language, atau HTML. Dengan HTML, tag diletakkan di dalam teks untuk melakukannya pemformatan dokumen, fitur visual seperti ukuran font, miring dan tebal, dan penciptaan hypertext link. Grafis dan multimedia yang juga dapat dimasukkan ke dalam dokumen HTML. HTML adalah bahasa yang berkembang, dengan tag yang baru ditambahkan sebagai masing-masing meng-upgrade dari bahasa adalah dikembangkan dan dirilis. World Wide Web Consortium (W3C), dipimpin oleh pendiri Web Tim Berners-Lee, koordinat upaya standardizing HTML. W3C panggilan yang sekarang bahasa XHTML dan mempertimbangkan untuk menjadi salah satu aplikasi dari bahasa standar XML.

World Wide Web terdiri dari file, yang disebut halaman atau halaman rumah, yang berisi link ke dokumen dan sumber daya sepanjang Internet.

Web menyediakan banyak array pengalaman termasuk presentasi multimedia, real-time kolaborasi, halaman interaktif, radio dan siaran televisi, dan otomatis "push" informasi ke komputer klien. Bahasa pemrograman seperti Java, JavaScript, Visual Basic, Cold Fusion dan XML adalah memperluas kemampuan Web. J pertumbuhan jumlah informasi di web yang secara dinamis dari konten yang tersimpan dalam database. Web karena itu tidak tetap entitas, tapi satu yang ada di dalam sebuah negara pembangunan dan dr.

Untuk informasi lebih lengkap tentang World Wide Web, lihat Understanding The World Wide Web.

E-MAIL
Surat elektronik, atau e-mail, memungkinkan pengguna komputer lokal dan di seluruh dunia untuk bertukar pesan. Setiap pengguna e-mail memiliki alamat surat ke mana pesan akan dikirim. Pesan yang dikirim melalui e-mail dapat diterima dalam waktu hitungan detik.

kuat aspek e-mail pilihan untuk mengirimkan file elektronik ke orang alamat e-mail. Non-ASCII file, yang dikenal sebagai file binary, dapat dilampirkan ke pesan e-mail. File ini disebut MIME attachments. MIME berarti Multimedia Internet Mail Extension, dan dikembangkan untuk membantu software e-mail menangani berbagai jenis file. Misalnya, dokumen yang dibuat dalam Microsoft Word dapat dilampirkan ke pesan e-mail dan diambil oleh penerima yang sesuai dengan e-mail program. Banyak program e-mail, termasuk Eudora, Netscape Messenger, dan Microsoft Outlook, menawarkan kemampuan untuk membaca file yang ditulis dalam HTML, yang itu sendiri yang Tipe MIME.

Telnet
Telnet adalah program yang memungkinkan Anda untuk login ke komputer di Internet dan menggunakan database online, katalog perpustakaan, layanan chatting, dan banyak lagi. Tidak ada grafik di sesi Telnet, hanya teks. Untuk Telnet ke komputer, Anda harus tahu alamat nya. Hal ini dapat terdiri dari kata (locis.loc.gov) atau angka (140.147.254.3). Beberapa layanan mengharuskan Anda untuk melakukan koneksi ke port tertentu pada remote komputer. Dalam hal ini, ketik nomor port setelah alamat Internet. Contoh: telnet nri.reston.va.us 185.

Telnet adalah tersedia di World Wide Web. Mungkin yang paling umum berbasis web yang tersedia melalui Telnet telah katalog perpustakaan, meskipun sebagian besar katalog ada sejak bermigrasi ke Web. Sebuah link ke sumber Mei Telnet seperti link lain, namun akan memulai suatu sesi Telnet untuk membuat sambungan. Sebuah program Telnet harus diinstal di komputer anda dan dikonfigurasi untuk web browser anda untuk bekerja.

Dengan semakin meningkatnya popularitas Web, Telnet telah menjadi lebih jarang digunakan sebagai alat untuk mengakses informasi di Internet.

FTP
FTP singkatan dari File Transfer Protocol. Ini adalah kedua program dan metode yang digunakan untuk mentransfer file antara komputer. Anonymous FTP adalah salah satu pilihan yang memungkinkan pengguna untuk mentransfer file dari ribuan host komputer di internet ke komputer pribadi mereka rekening. FTP situs berisi buku, artikel, software, game, gambar, suara, multimedia, pekerjaan kursus, data set, dan banyak lagi.

Jika komputer Anda terhubung langsung ke Internet melalui kabel Ethernet, Anda dapat menggunakan salah satu dari beberapa program perangkat lunak PC, seperti WS_FTP untuk Windows, untuk melakukan transfer file.

FTP transfer dapat dilakukan di World Wide Web tanpa perlu software khusus. Dalam hal ini, web browser akan cukup. Kapanpun Anda men-download perangkat lunak dari sebuah situs Web ke komputer lokal Anda, Anda menggunakan FTP. Anda juga dapat mengambil FTP file melalui mesin pencari seperti FtpFind, yang terletak di / http://www.ftpfind.com/. Opsi ini mudah karena Anda tidak perlu mengetahui perintah FTP program.

E-MAIL DISKUSI KELOMPOK
Salah satu keunggulan Internet adalah kesempatan ini menawarkan kepada orang-orang di seluruh dunia untuk berkomunikasi via e-mail. Internet adalah tempat yang besar masyarakat dari individu-individu yang aktif melakukan diskusi yang diselenggarakan di sekitar topik forum berorientasi didistribusikan melalui e-mail. Ini adalah perangkat lunak administratif oleh program. Mungkin program yang paling umum adalah listserv.

Sejumlah besar topik yang dibahas oleh listservs, banyak dari mereka di alam akademik. Bila kamu berlangganan ke satu listserv, pesan dari pelanggan secara otomatis akan dikirim ke kotak surat elektronik kamu. Kamu berlangganan ke listserv dengan mengirimkan e-mail ke program komputer yang disebut listserver. Listservers terletak di jaringan komputer di seluruh dunia. program ini Menangani dan mendistribusikan informasi berlangganan pesan dari dan ke pelanggan. Kamu harus memiliki account e-mail untuk berpartisipasi dalam sebuah diskusi kelompok listserv. Kunjungi Tile.net di / http://tile.net/ untuk melihat contoh situs yang menawarkan searchablecollection e-mail diskusi kelompok.

Listproc dan Majordomo adalah dua program yang mengelola e-mail diskusi kelompok. Perintah untuk berlangganan dan mengelola daftar keanggotaan mirip dengan orang-orang yang listserv.

USENET BERITA
Usenet News adalah papan buletin elektronik global sistem di mana jutaan pengguna komputer bertukar informasi yang luas mengenai berbagai topik. Perbedaan utama di antara Usenet News dan e-mail diskusi kelompok adalah kenyataan bahwa Usenet pesan akan disimpan di pusat komputer, dan pengguna harus terhubung ke komputer ini untuk membaca atau mendownload pesan yang diposting ke grup ini. Ini adalah berbeda dari distribusi e-mail, dimana pesan tiba di kotak surat elektronik masing-masing daftar anggota.

Usenet sendiri adalah satu set komputer yang pertukaran pesan, atau artikel, dari forum diskusi Usenet, disebut newsgroup. Usenet kontrol administrator situs mereka sendiri, dan menentukan (jika ada) ke newsgroup sponsor dan newsgroup yang jauh untuk memungkinkan ke dalam sistem.

Ada ribuan newsgroup Usenet dalam keberadaan. Walaupun banyak yang bersifat akademik, berbagai newsgroup diorganisir sekitar topik rekreasi. Serius banyak komputer yang berhubungan dengan pekerjaan berlangsung dalam diskusi Usenet. Beberapa e-mail juga ada diskusi kelompok sebagai newsgroup Usenet.

Usenet newsfeed yang dapat dibaca oleh berbagai perangkat lunak program berita. Misalnya, Netscape suite dilengkapi dengan sebuah program berita bernama Messenger. Newsreaders juga tersedia seperti produk standalone.

FAQ, RFC, FYI
FAQ adalah Frequently Asked Questions. Ini adalah periodik posting ke Usenet newsgroup yang berisi banyak informasi yang terkait dengan topik dari newsgroup. Banyak FAQs cukup luas. FAQs tersedia oleh berlangganan setiap Usenet newsgroup. sebuah web yang berbasis kumpulan sumber daya FAQ telah dikumpulkan oleh Internet Konsorsium FAQ dan tersedia di / http://www.faqs.org/.

RFC singkatan Permintaan untuk Komentar. Ini adalah dokumen yang dibuat oleh dan didistribusikan ke Internet masyarakat untuk membantu menentukan baut dan kacang-kacangan dari Internet. Mereka mengandung spesifikasi teknis dan informasi umum.

FYI berarti For Your Information.Catatan ini adalah subset dari RFCs dan berisi informasi baru yang menarik untuk pengguna Internet.

Link ke indeks dari ketiga ini adalah sumber informasi yang tersedia di situs Web Perpustakaan Universitas di / http://library.albany.edu/reference/faqs.html.


CHAT & INSTANT MESSENGING
Chat program memungkinkan pengguna di Internet untuk berkomunikasi satu sama lain dengan mengetikkan secara real time. Mereka kadang-kadang dimasukkan sebagai fitur dari situs Web, di mana pengguna dapat masuk ke dalam "chat room" untuk bertukar komentar dan informasi mengenai topik yang ditujukan pada situs. Chat lainnya dapat berlangsung lebih luas bentuk. Misalnya, America Online telah dikenal untuk mensponsori sejumlah hangat ruang chatting.

Internet Relay Chat (IRC) adalah layanan melalui peserta yang dapat berkomunikasi satu sama lain pada ratusan saluran. Saluran ini biasanya berdasarkan topik khusus. Meskipun banyak topik yang remeh-remeh, substantif percakapan juga telah mengambil tempat. Untuk mengakses IRC, anda harus menggunakan perangkat lunak program IRC.

Sebuah variasi dari chatting adalah fenomena instant messenging. Dengan cepat messenging, pengguna di Web dapat menghubungi pengguna lain yang saat ini masuk dan jenis percakapan. Paling terkenal adalah America Online's Instant Messenger. ICQ, MSN dan Yahoo lainnya yang umumnya digunakan-program chatting.

Jenis real-time komunikasi yang ditujukan pada tutorial Memahami World Wide Web.

MUD/MUSH/MOO/MUCK/DUM/MUSE MUD / bubur / Moo / bergelandang / Dum / Muse
MUD stands for Multi User Dimension. MUD berarti Multi Pengguna Dimension. MUDs, dan variasi yang tercantum di atas, adalah multi-user virtual reality game berdasarkan simulasi alam. Tradisional berbasis teks, grafis MUDs sekarang ada. Ada semua jenis MUDs di Internet, dan banyak dapat bergabung secara gratis. Untuk informasi lebih lanjut, baca salah satu FAQs dikhususkan untuk MUDs tersedia di FAQ pada situs

0 komentar:

Posting Komentar

Post Terakhir

Pengikut

Pesan


ShoutMix chat widget