07 Juni 2009

Mengaktifkan Permission Copy/ Write/ Delete di Ubuntu

Salah satu hal yang membuat kita merasa agak jengkel menggunakan linux adalah kita selalu ditanyakan password hanya untuk membuka aplikasi tertentu. Jika kamu memiliki masalah yang sama seperti saya dengan menyalin, menghapus atau memindahkan file di dalam folder Ubuntu, kamu memiliki akses terbatas izin operasi file di folder tertentu. Meskipun kamu administrator sistem Linux, Linux mempunyai perlindungan berlapis, jadi beberapa file dan folder dari hirarki yang lebih tinggi dibatasi dan tidak dapat diubah jika kamu tidak mempunyai hak akses root. Berikut ini adalah tutorial cara mudah untuk mendapatkan akses root:
Misalnya ketika kamu menginstal Vuze pada sistem Ubuntu - saat itu fitur update Vuze akan memberikan pesan kesalahan tentang akses terbatas pada folder tertentu, dalam hal ini (/ usr / share / vuze)

  1. Untuk mengubah itu, tekan Alt + F2 dan masukkan "gksudo nautilus" tanpa tanda kutip. Ini akan mulai nautilus - default window manager dengan akses root. Sekarang berhati-hati, kamu dapat menghapus file di sistem dan OS Ubuntu kamu dapat rusak.
  2. Selanjutnya, masuk ke sistem Linux
  3. Cari folder yang ingin kamu ubah dalam hal ini memilih usr / share / vuze
  4. klik kanan pada folder dan pilih vuze properti
  5. Selanjutnya, pada tab permissions pada Option: Pada semua akses Folder - membuat dan menghapus file
  6. Klik Apply dan tutup jendela
Sekarang kamu bisa memperbarui Vuze ke versi terbaru.

Tutorial ini dapat digunakan untuk file dan folder dalam Ubuntu. Tapi, sekali lagi, jika kamu tidak tahu apa yang kamu lakukan jangan mengubah hak akses ke file sistem dan folder!

0 komentar:

Posting Komentar

Post Terakhir

Pengikut

Pesan


ShoutMix chat widget