26 Mei 2009

Linux Vs Windows

Beberapa teman menanyakan pada saya kenapa saya menggunakan linux bukannya Windows yang lebih populer dan banyak digunakan di berbagai kalangan masyarakat baik rumahan, instansi maupun perusahaan. Dalam artikel ini saya akan menjelaskan apa siy keunggulan dan kelemahan di kedua platform OS tersebut.
Okeh, sekarang akan bahas satu-persatu kelebihan dan kekurangan masing-masing OS tersebut.

1. Linux
Keunggulan:
  • Dari segi harga, Linux Merupakan Salah satu system yang freeware di bawah lisensi GNU, yang memungkinkan seorang secara pribadi atau beberapa orang mau pun perusahaan bisa memakainya dan menyebarkannya tanpa dituntut royalti dari pembuatnya, Dibandingkan dengan Windows NT dibutuhkan sekitar $ 212,95/user belum lagi biaya instalasi jika ingin mail server, web server, dan proxy server.
  • Kestabilan sistem yang sangat baik bila dibandingkan dengan sistem operasi yang populer seperti Windows ‘95, ‘98, NT. Meskipun dinyalakan beberapa hari linux tetap stabil sehingga menjadi platform mayoritas bagi server.
  • Source code yang tersedia dapat dibuka dan dipelajari sehingga kita bisa mendebugnya, yang berarti memberi kesempatan kepada penggunanya untuk melihat program asal dan mengubahnya sesuai dengan keperluan penguna tanpa terkena sanksi property right di bawah lisensi GNU.Berbeda sekali dengan sistem operasi lainnya seperti Windows yang source codenya terenkripsi.
  • Aplikasi yang tersedia banyak dan dapat diperoleh secara gratis dan legal. Sedangkan Windows aplikasi yang tersedia sangat banyak dan tidak gratis (hanya beberapa saja yang gratis).
  • Dukungan perusahaan komersial seperti : Oracle, Netscape, IBM, Corel, Sun, Informix dan Adaptec.
  • Dalam kecepatan dan perangkat keras yang dibutuhkan pun Windows NT kalah dengan Linux. Sebagai perbandingan untuk menjalankan Windows NT Server dibutuhkan minimal Pentium dengan 32 MB, sedang dengan service sama Linux hanya butuh Pentium 99 dengan 16 MB.
  • Linux memiliki native protocol TCP/IP, sehingga tentunya semua yang memanfaatkan TCP/IP akan di lakukan dengan lebih cepat di banding dengan sistem operasi selain Unix. Membutuhkan resource komputer yang jauh lebih murah bila di bandingkan dengan sistem operasi lain.
  • Sistem operasi ini adalah sistem operasi yang tahan virus. Virus-virus yang menyerang Windows tidak akan berkutik apabila terdampar di sistem Linux.(la iyalah OSnya aja beda :)
Kelemahan:
  • Meski linux dikembangkan oleh banyak ahli, tapi ternyata linux lemah dalam hal driver karena driver yang tersedia belum menyeluruh.
  • Beberapa kekurangan Linux yang paling dirasa adalah masih belum banyaknya game-game besar yang bersedia dijalankan pada platform Linux.
  • Banyak orang merasa alergi terhadap sistem operasi ini karena masih berpikir Linux adalah sistem operasi yang sulit, tidak mempunyai tampilan grafis, dan tidak gaul.

2. Windows
Keunggulan:
  • Seperti yang telah disebutkan, Windows adalah sistem operasi yang user-friendly. Tampilannya begitu bersahabat bagi para pengguna. Selain itu, dukungan hardware yang lengkap, banyaknya aplikasi yang diperuntukkan bagi platform Windows semakin melengkapi nilai tambahnya.
Kelemahan:

  • Sistem operasi ini adalah sistem operasi yang rentan akan penyakit. Windows mudah sekali tertular virus. Meski masalah ini dapat diatasi dengan adanya vendor-vendor software yang merilis antivirus bagi Windows. Sebut saja Norton dan AVG, perkembangan virus komputer terus berlanjut layaknya virus-virus di dunia nyata. Mereka semakin banyak dan ganas. Siap kapan saja menginfeksi komputer Windows.
  • Harga lisensi Windows juga terbilang sulit dijangkau oleh masyarakat Indonesia kebanyakan. Versi bajakan memang murah, tetapi itu bukanlah pilihan bijak. Dengan membeli versi bajakan, sama saja kita telah mendanai para kriminal tersebut mengembangkan usaha mereka. Dan kita telah menjadi sponsor setia dalam melanggengkan perbuatan melanggar hukum yang mereka telah lakukan.

Nah, sekarang kamu pertimbangkan mana OS yang paling baik untuk kamu. Kalau saya sendiri saya memakai linux dengan alasan2 di atas.

0 komentar:

Posting Komentar

Post Terakhir

Pengikut

Pesan


ShoutMix chat widget