25 April 2009

10 Langkah Peningkatan Keamanan

Ketika kita sering memakai komputer untuk browsing secara tidak sadar kita telah masuk ke dalam dunia yang benar-benar tidak aman. Ada banyak pencegahan yang bisa kita lakukan yang akan memberikan pengamanan dari berbagai ancaman itu, diantaranya adalah:
  1. Cek Windows Update dan Office Update sesering mungkin (_http://office.microsoft.com/productupdates). Pengguna Windows Me, 2000, and XP dapat mengkonfigurasikan automatic updates. Klik pada tab Automatic Updates di System control panel dan pilih opsi yang bersangkutan.
  2. Install personal firewall. Kalau saya rekomendasikan SyGate (_www.sygate.com) dan ZoneAlarm (_www.zonelabs.com) versi Free.
  3. Install Free spyware blocker. Penulis rekomendasikan adalah SpyBot Search & Destroy (_http://security.kolla.de). SpyBot juga bisa untuk hilangkan tracking cookies.
  4. Blok pesan-pesan pop-up spam di Windows NT, 2000, or XP dengan mendisable Windows Messenger service (ini tidak ada hubungannya dengan program instant messaging). Buka Control Panel | Administrative Tools | Services dan kamu akan liat Messenger. Klik kanan dan arahkan ke Properties. Set Start-up Type untuk menDisabled dan tekan tombol Stop. Bye-bye, spam pop-ups!beberapa firewall juga bagus untuk menghentikan spam pop-ups.
  5. Gunakan password yang kuat dan rubahlah secara periodik. Password yang bagus paling tidak terdiri dari tujuh karakter; gunakan kombinasi huruf dan angka juga tambahkan paling tidak satu karakter simbol. Misalkan salah satu contoh adalah f3LixK0&l. ini akan membuat siapapun menjadi lebih sulit untuk mengakses account kamu.
  6. Jika kamu menggunakan Outlook atau Outlook Express, gunakan versi terbaru dan pasanglah Outlook Security Update.Update dan versi terbaru akan menambal berbagai kelemahan yang ada.
  7. Beli software antivirus dan updatelah secara kontinyu. tapi jika kamu tidak ingin membayar alias gratis tis, cobalah Grisoft AVG Free Edition (Grisoft Inc., w*w.grisoft.com). doble klik AV free, atau secara online-only scanners tersedia di w*w.pandasoftware.com/activescan dan _http://housecall.trendmicro.com.
  8. Jika kamu punya Wireless Network, nyalakan security features: gunakan MAC filtering, matikan SSID broadcast, atau bahkan gunakan WEP dengan kunci terbaik.
  9. Bergabung dalam mailing list e-mail security, seperti _http://security.ziffdavis.com, sehingga kamu dapat cepat belajar tentang penanganan darurat secara cepat dan mengambil langkah untuk mengatasinya dengan baik.
  10. Skeptis dalam berbagai hal di dunia Internet. Jangan menyimpulkan bahwa e-mail "Dari:" orang yang biasanya padahal belum tentu yang sebenarnya sampai kamu tahu lebih jauh alasan untuk mempercayai itu adalah orangnya. Jangan segera simpulkan bahwa attachment itu selalu apa yang dikatakannya. Jangan berikan password pada siapapun meskipun orang itu mengaku dari "support."

0 komentar:

Posting Komentar

Post Terakhir

Pengikut

Pesan


ShoutMix chat widget